TKI Malaysia Menggali Harapan Bersama Universitas Terbuka

Foto Orientasi

Dengan misi untuk mempeluas kesempatan belajar bagi masyarakat pada jenjang pendidikan yang berkualitas dan meningkat kemitraan dengan masyarakat guna mewujudkan masyarakat yang berbasis pengetahuan (knowledge based society). Unit program belajar jarak jauh Universitas terbuka (UPBJJ-UT) Batam telah meresmikan Kelompok Belajar Kuala lumpur (POKJAR-KL) pada tanggal 11 Maret 2012 di Aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur.

POKJAR-KL  merupakan cabang kedua UT-Batam setelah POKJAR- Johor baru di Malaysia, Dan rencana selanjutnya juga UT-Batam  akan merencanakan membuka Pokjar Baru yaitu di pulau Pinang.Perlu juga di ketahui bahwa UPBJJ-UT Batam membawahi wilayah kerja mencakupi Kepulauan Riau, Singapura dan Malaysia.

Orientasi Studi Mahasiswa Baru UT-Pokjar KL

Dengan berbekalkan semangat Supersemar (11 Maret), Orientasi secara resminya di buka oleh Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur Prof.Rusdi.MA,PhD dan Kepala UPBJJ UT-Batam Paken Pandiangan S.Si,M.Si di Aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur. Dalam acara yang cukup sederhana  di awali dengan pemasangan jaket kepada dua mahasiswa pria dan perempuan yang secara kebetulan adalah TKI. secara simboliknya menandakan pembukaan Orientasi Studi Mahasiswa angkatan pertama Pokjar UT Kuala Lumpur.

Program studi yang di tawarkan dalam Pokjar UT Kuala Lumpur untuk semester Januari-Juni adalah sebagai berikut :

    1. Program Studi Manajemen (SI), Fakultas Ekonomi sebanyak 20 mahasiswa.
    1. Program Studi Ilmu Komunikasi (S1), Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 20 mahasiswa
    1. Program Studi Sastra Inggris bidang Minat Penerjemahan (S1), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebnyak 12 mahasiswa
    1. Program Studi Ilmu Administrasi Negara (S1) , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmun Politik (Fisip) sebanyak 8 mahasiswa.

Ciri khas sistem pendidikan jarak jauh adalah sistem pembelajaran utama bertumpu pada belajar mandiri seperti belajar mandiri melalui modul, Tutorial online (TUTON) dan sesekali Tutorial tatap muka (Atas permintaan Mahasiswa).Melalui cara ini Mahasiswa mampu melakukan pencarian dengan insentif dan usaha sendiri melalui pengembangan kemampuan untuk menemukan dan melakukan penilaian secara kritis atas bimbingan dan pemantauan Tutor baik secara online dan tatap muka.

Maka dari itu para mahasiswa di ajarkan, Bagaimana untuk melakuakan aktivasi untuk memasuki website UT-Batam, sehingga Mahasiswa di harapkan aktif dalam melakukan proses pembelajaran Online. Keaktifan mahasiswa dalam sistem online akan memberikan kontribusi 35% terhadap nilai akhir sesuai denagan syarat-syarat yang di sepakati.

Harapan TKI Menjadi Mahasiswa UT

Foto proses orientasi

Para Mahasiswa UT Pokjar Kuala Lumpur Angkatan Pertama sebanyak 60 orang, terdiri dari para TKI, Ekspatariat dan Ibu Rumnah tangga, Dan dari separuhnya adalah datangnya dari para TKI sendiri yang datang dari berbagai sektor seperti Konstruksi, Pabrik dan Pembantu laksana rumah Tangga (PLRT). Mereka begitu antusias sekali mengikuti program studi ini, dengan harapan untuk merubah cara pandang dan masa depan yang lebih baik. Seperti mana kata seorang TKI yang mengikuti program Studi ini yaitu Edy Kurniawan yang berasal dari kediri dalam sektor perkilangan :

” Memanfaatkan waktu yang terbuang di sela-sela liburnya kerja, di samping itu untuk meningkatkan kualitas dan daya saing yang lebih menantang di masa akan datang. Di samping itu untuk memenuhi persyaratan yang di minta dalam pasaran kerja sekrang.”

Lain lagi seperti mana yang di katakan Dwi Agnita, dara ayu yang akrab dengan panggilan Nyit-Nyit yang berasal dari kota Gudeg tentang harapannya mengikuti program ini.

“Harapan saya sederhana saja, saya mengikuti Program Universitas Terbuka ini bukan karena ingin menjadi sarjana atau mengharapkan segulung ijazah.Tapi pada intinya dengan mengikuti program ini, pada dasarnya untuk memperkasakan diri dengan harapan suatau hari nanti bisa berbagi dengan sesama dan ingin berpatisipasi dalam memajukan generasi yang akan datang.Sebagai seorang calon ibu, pastinya saya akan memerlukan ilmu untuk membimbing anak-anak saya kelak.”

Dalam Orientasi Studi Mahasiswa tersebut, juga dilakukan pemilihan pengurus baru sekaligus di lakukan pelantikan oleh Bapak Paken Pandiangan selaku Kepala UPBJJ UT Batam yang melingkupi Kepulauana Riau, Singapura dan Malaysia.


Salam

24 thoughts on “TKI Malaysia Menggali Harapan Bersama Universitas Terbuka

  1. Ping balik: TKI Harus Menabung untuk Masa Depan | Suara TKI

  2. Tetap semangat……!!!! KITA BISA , belajar dimana saja kapan saja belajar tidak pandang usia , tidak ada undang-undang yg melarang kita untuk belajar .

  3. semangat untk para pejuang TKI yg bgtu antusias mengikuti pembelajarn di UT,smga suatu saat dpat brmanfaat untk dri sndri dn untk org lain.

    》》sya ingn tnya,apa bla ingn pndah pokjar dinegara org (sepert malaysia)apa it bisa???

  4. Assalamualaikum mas, apa pemweintah tidak ada tempat khusus yg d’ sediakan pemerintahan untuk TKI mulai melaksaanakan forced saving.. misal di KL .. soalnya dari yg saya tahu kebanyakan dari TKI masih susah untuk menympan uangnya sendiri ..
    Replay

    • Insyaalalh klu diKL untuk teman teman TKI bisa menabung dengan menggunakan Bank Muamalat Indonesia. untuk informasi lanjut bisa menghubungi Bank Muamalat Indonesia cabang Kuala Lumpur 0327110807

  5. ka saya mahasiswi SMA swasta di indonesia.kebetulan tahun ini setelah lulus saya mau ikut kaka saya bekerja ke malaysia,tapi saya ingin sambil melanjutkan pendidikan untuk tahun ini
    sekiranya apa pendaftarannya masih dibuka dan saya masih punya kesempatan melanjutkan pendidikan pada tahun ini??
    kemudian adakah UT sekitar melaka batu berendam?

Aha! Why don't you leave a comment?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s