Belajar Bagaimana Membuat Jus Buah Sesuai Fungsinya

Ilustrasi Jus Buah

Hidup di negara tropis seperti Indonesia sungguhlah nikmat. Walaupun identik dengan cuaca panas sepanjang tahun, negeri tropis juga nyatanya memberikan kesempatan masyarakatnya untuk dapat menikmati suguhan berbagai variasi buah-buahan tropis yang kaya akan vitamin sepanjang tahun. Disamping kaya vitamin, buah-buahan ini juga sangat mudah di olah untuk menjadi produk lain seperti variasi es banana split, rujak buah dan juga jus buah, Itulah kenapa banyak orang menyukai buah-buahan tropis.

Sayangnya, walaupun sangat digemari, produk jadi buah-buahan, terutama jus buah di Indonesia variasinya ternyata sangatlah monoton. Pada umumnya restoran-restoran atau warung makan hanya menawarkan satu jenis buah dalam satu gelas. Jarang sekali ada usaha campur mencampur buah-buahan dalam satu gelas. Padahal jika dilihat lebih jauh, campuran-campuran ini lebih banyak manfaatnya, bahkan ada fungsi spesifiknya masing-masing seperti penghancur kolestrol, penangkal tekanan darah, penangkal gula, dan juga penjaga kesehatan kulit.

Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya saat berkunjung ke Serawak (negara bagian Malaysia yang berbatasan langsung dengan Kalimantan) Maret lalu. Saya mendapatkan berbagai resep jus buah-buahan tropis yang cukup unik. Selain resep jus yang unik, saya juga mendapat pengetahuan baru mengenai fungsi dari jus buah ini

Yuk kita lihat apa saja campuran-campuran yang bermanfaat ini.

Jus Untuk Kesehatan Kulit | Jeruk + Jahe + Timun

Pengen kulit cantik seperti iklan di televisi? Ngapain beli produk mahal jutaan. Jeruk dan timun ternyata sudah lama dikenal sebagai penjaga kesehatan kulit. Jika kombinasi dua itu ditambah jahe infonya akan menjadi suplemen tambahan yang baik bagi kulit. Jadi kata siapa timun hanya untuk masker dan sayuran nasi goreng kita.

Jus Untuk Menangkal Gula dan Tekanan Darah| Pear + Pisang

Campuran dua buah ini infonya dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh. Selain fungsi control gula dalam tubuh, kombinasi ini sangat membantu orang yang mempunyai masalah maag, sembelit, sakit panas, batuk dan tekanan darah tinggi. Yuk bagi adik kita yang sedang sakit sembelit dan yang punya penyakit gula.

Jus Penghancur Kolestrol | Apel + Timun + Seledri

Walau tidak sepenuhnya campurannya adalah buah-buahan, ternyata kombinasi tiga ini memberikan manfaat untuk mengurangi kolestrol dalam tubuh. Tidak hanya kolestrol, ternyata jus ini juga bermanfaat bagi kita yang sedang sakit perut bahkan bagi yang sedang sakit kepala. Sepertinya cocok bagi pelajar yang terlalu banyak belajar untuk ujian dan bagi yang banyak makan minyak-minyak.

Jus Agar Nafas Segar | Apel + Wortel + Tomat

Ingin jumpa pacar atau ketemu dengan klien penting dan takut nafas tidak segar. Oh cobalah minum kombinasi terakhir ini. Infonya kombinasi ini memberikan efek nafas segar. Jadi tidak perlu menyemprotkan cairan-cairan penyegar mulut yang kita tidak tahu apa isinya itu.

Manfaat Bagi Keluarga dan Peluang Bisnis

Apakah kebiasaan minum teh dan kopi yang katanya mengandung kafein dapat digantikan dengan minum jus buah yang sehat? Mungkin saja.

Yuk ibu-ibu atau bapak-bapak dirumah membuatkan untuk pasangannya dan anaknya saat pulang kerja atau pulang sekolah. Bayangkan saat mereka pulang kemudian disuguhi minuman Dingin, segar, dan bervitamin. Pasti berkesan.

Bagi yang punya jiwa wiausaha, mungkin dapat melirik peluang usaha jus. Membuka usaha jus buah dengan resep yang unik serta memberi pengetahuan kepada konsumen mengenai fungsi dari jus tersebut dapat menjadi tren masa yang akan datang. Dimana masyarakat semakin peduli dengan gaya hidup sehat. Bukanlah hal yang mustahil suatu saat nanti ada kedai franchise layaknya kedai-kedai kopi berkelas  dan identik dengan produk asing yang sekarang menjamur dimana-mana.

Pengalaman penulis saat kerja di restaurant, jus yang paling baik adalah yang fresh dan tidak menggunakan tambahan air dan gula. Namun semuanya tergantung anda, anda mempunyai hak untuk menambah apapun selama aman dikonsumsi. Kemudian bagi yang belum percaya khasiat diatas, boleh di tanyakan dahulu ke dokter anda apakah minuman tersebut cocok bagi anda dan boleh dikonsumsi secara berkala.

About these ads

3 responses to “Belajar Bagaimana Membuat Jus Buah Sesuai Fungsinya

Aha! Why don't you leave a comment?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s